Senin, 30 April 2012

Laporan Praktikum Pernapasan Biologi


Bab 1
Pendahuluan

A.    Latar belakang
Volume tidal dan kapasitas paru-paru setiap orang berbeda-beda. Volume tidal adalah udara yang keluar masuk paru-paru sebagai akibat pernapasan normal ( 500cc). Sedangkan kapasitas vital paru-paru adalah volume udara yang dapat di hembuskan sekuat-kuatnya setelah melakukan inspirasi sekuat-kuatnya ( 3500cc).
Kemudian jenis kelamin, dan berat badan sangat mempengaruhi volume tidal dan kapasitas vital paru-paru. Maka dari itu kami membuat hasil laporan penelitian kami tentang pengukuran volume tidal dan kapasitas vital paru-paru, sebagai bukti nyata penelitian kami.
B.    Masalah
1.    Apa hubungan antara jenis kelamin, berat badan, dan volume tidal ?
2.    Apa hubungan antara jenis kelamin, berat badan, dan kapasitas vital paru-paru?
C.    Tujuan
1.    Mengetahui volume tidal dan kapasitas vital paru-paru.
2.    Mengetahui hubungan antara jenis kelamin, berat badan dan volume tidal serta kapasitas vital paru-paru.






















Bab 2
Metode Kerja

A.    Alat dan Bahan
1.    Ember/baskom besar yang berisi air 2/3 nya
2.    Stoples plastik yang bervolume 5 liter
3.    Selang plastik kurang dari 40 cm
4.    Gelas ukur
5.    Timbangan badan
6.    Spidol yang tahan air
7.    Air secukupnya
B.    Cara Kerja
1.    Buatlah skala pada stoples plastik dengan spidol yang tahan air. Caranya dengan mengisi air pada gelas ukur setiap 10 cc atau 10 ml, lalu di masukkan pada stoples tersebut, dan beri tanda. Demikian seterusnya, sampai setinggi stoples.
2.    Balik stoples yang telah berisi air dengan cepat ke dalam ember/baskom besar yang juga berisi air.
3.    Masukkan selang plastik melalui mulut stoples. Catat posisi (skala) awal air.
4.    timbang berat badan probandus (orang yang melakukan percobaan). Tiap kelompok ada satu probandus.
5.    Lakukan pengukuran volume tidal dan kapasitas vital paru-paru, dengan cara sebagai berikut.
a.    Volume tidal
Probandus melakukan inspirasi normal/biasa, lalu melakukan ekspirasi dengan normal/biasa pula melalui selang plastik. Catat volume air yang keluar dari stoples (skala yang di hasilkan ). Hitung selisih antara skala awal dan skala yang terbentuk.
b.    Kapasitas Vital
Probandus menghasilkan inspirasi semaksimal mungkin, lalu melakukan ekspirasi semaksimal mungkin juga melalui selang pelastik. Hitung selisih antara skala awal dan skala yang terbentuk.
6.    Ulangi percobaan sekali lagi
7.    Lakukan hal yang sama untuk probandus kelompok lain. Probandus sebaiknya ada yang perempuan dan ada yang laki-laki.
8.    Buat table hasil pengamatannya.
Bab 3
Hasil dan pembahasan

A.    Hasil
No    Nama    Berat Badan    Volume tidal (ml)    Kapasitas Vital paru-paru    Volume Paru-paru
            I    II    Rata-rata    I    II    Rata-rata   
1    Edy permadi (L)    60 kg    10    6    8    16    22    19    3
2    Arif W.S (L)     50 kg    14    14    14    25    25    25    7
3    Trie sulistya N (P)    48 kg    4    7    5,5    8    9    8,5    0,5
4    Silvia Mareta H (P)    54 kg    4    8    6    10    15    12,5    4


B.    Pembahasan
1.    Jelaskan hubungan antara jenis kelamin, berat badan, dan volume tidal ?
Jawab : hubungannya yaitu, adalah umumnya pada laki-laki volume tidalnya lebih besar dari pada wanita. Pada pria yang berat badannya lebih kecil maka volume tidalnya besar. Sedangkan pada pria yang berat badannya besar maka volume tidalnya kecil. Pada wanita yang berat badannya kecil maka volume tidalnya kecil, sedangkan pada wanita yang berat badannya lebih berat maka volume tidalnya besar.
2.    Jelaskan hubungan antara jenis kelamin, berat badan, dan kapasitas vital ?
Jawab : hubungannya yaitu, adalah umumnya pada laki-laki kapasitas vital lebih besar dari pada wanita. Pada pria yang berat badannya lebih kecil maka kapasitas vitalnya besar. Sedangkan pada pria yang berat badannya besar maka kapasitas vitalnya kecil. Pada wanita yang berat badannya kecil maka kapasitas vitalnya kecil, sedangkan pada wanita yang berat badannya lebih berat maka kapasitas vitalnya besar.
3.    Bandingkan hasil percobaan dengan teori yang sebenarnya, baik volume tidal, kapasitas vital, dan volume total paru-paru. Jelaskan !
Jawab : menurut kelompok kami, dari hasil percobaan dengan teori sebenarnya sangat berbeda jauh karena pada teori sebenarnya tidak di jelaskan bahwa volume tidal, kapasitas vital dan volume total paru-paru pada pria dan wanita berbeda, antara pria dan wanita baik volume tidal, kapasitas vital dan volume total paru-paru. Sedangkan dari hasil percobaan kami antara wanita dan pria volume tidal, kapasitas vital, dan volume total paru-paru berbeda.
4.    Bagaimana kesimpulanmu ?
Jawab : kelompok kami menyimpulkan bahwa antara wanita dan pria, volume tidal, kapasitas vital, dan volume total paru-paru berbeda dan berlawanan dengan sebenarnya.













   






















Bab 4
Penutup

A.    Kesimpulan
Dari hasil percobaan yang kami lakukan, dapat di tarik kesimpulan bahwa, volume tidal, dan kapasitas vital dari pria dan wanita sangat berbeda, selain itu besar dan kecilnya volume tidal dan volume total paru-paru sangat di pengaruhi oleh berat badan seseorang.
B.    Saran
Tak ada gading yang tak retak begitu juga dengan laporan yang kami buat ini, masih jauh dari sempurna. Maka dari itu kami menerima kritik dan saran dari pembaca laporan ini, semoga bias menjadi lebih baik, dan laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.





















Daftar Pustaka

Maryati, Sri dkk. 2006. BIOLOGI untuk SMA Kelas XI. Jakarta. Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar